Pemimpin Taliban Disebut Kerap Berkunjung ke Dubai

Selasa, 24 Mei 2016 - 14:34 WIB
Pemimpin Taliban Disebut Kerap Berkunjung ke Dubai
Pemimpin Taliban Disebut Kerap Berkunjung ke Dubai
A A A
ISLAMABAD - Pemimpin Taliban yang tewas dalam serangan udara Amerika Serikat (AS) akhir pekan lalu, Mullah Mansour, diketahui kerap melakukan perjalanan ke luar negeri. Salah satu negara yang paling dia sering kunjungi adalah Uni Emirat Arab (UEA).

Menurut laporan media di Pakistan, Mansour setidaknya sudah 19 kali melakukan perjalanan ke Dubai. Perjalanan itu juga diketahui dilakukan secara sah, dimana dirinya menggunakan dokumen keimigrasian yang dikeluarkan oleh Pakistan.

Mansour, berdasarkan laporan media di Pakistan yang mengutip pejabat setempat, menggunakan identitas palsu saat mengajukan paspor ke pemerintah Pakistan. Mansour menggunakan nama Wali Muhammad.

Pejabat keimigrasian Pakistan mengatakan, paspor atas nama Wali Muhammad telah beberapa kali keluar negeri. Selain ke UEA, Mansour yang menggunakan nama Wali juga diketahui bepergian ke Iran.

"Wali memiliki paspor Pakistan dan bepergian menggunakan paspor itu, dengan visa yang sah ke Iran dan Dubai," kata pejabat yang enggan disebutkan namanya itu, seperti dilansir Sputnik pada Selasa (24/5).

Pejabat itu mengatakan, paspor dengan nama Wali dikeluarkan pada tahun 2002 dan diperbaharui 10 tahun setelah masa berakhirnya paspor itu. Dia dilaporkan melakukan perjalanan ke Iran pada bulan Februari dan Maret tahun ini melalui kota perbatasan Taftan. Ini adalah perjalanan terakhirnya sebelum kembali ke Pakistan pada tanggal 25 April lalu.

Mansour seperti diketahui tewas saat pesawat nirawak AS melakukan serangan udara yang menargetkan sebuah desa kecil di perbatasan Pakistan dan Afghanistan. Mansour sendiri baru menjabat sebagai pemimpin Taliban selama satu tahun terakhir.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4821 seconds (0.1#10.140)