Suriah Larang Konvoi Bantuan Kemanusiaan PBB Masuki Darayya

Jum'at, 13 Mei 2016 - 22:40 WIB
Suriah Larang Konvoi...
Suriah Larang Konvoi Bantuan Kemanusiaan PBB Masuki Darayya
A A A
DAMASKUS - Pasukan pemerintah Suriah memblokir konvoi bantuan pertama PBB yang ditujukan ke Darayya, yang berada di pinggiran kota Damaskus. Wilayah ini telah dikepung selama lebih dari tiga tahun.

Sekitar 4.000 orang diperkirakan terjebak di Darayya, pinggiran kota Damaskus, yang dikuasai oleh kelompok pemberontak. "Konvoi telah diberi izin oleh semua pihak untuk melanjutkan (memberikan bantuan)," kata PBB dan Palang Merah Internasional (ICRC) dikutip dari BBC, Jumat (13/5/2016).

Koordinator bantuan kemanusiaan PBB untuk Suriah, Jan Egeland mengatakan, konvoi bantuan ke Darayya untuk mencegah bahaya kelaparan didaerah itu karena bantuan itu termasuk susu untuk bayi.

Sementara juru bicara PBB, Stephane Dujarric mengatakan, PBB dan ICRC telah membatalkan misi untuk Darayya karena konvoi bantuan kemanusiaan ditolak masuk ke wilayah itu. Padahal, bantuan itu termasuk pasokan medis dan gizi seperti susu bayi, vaksin, obat-obatan dan peralatan kesehatan. Semua terhenti di pos pemeriksaan terakhir pemerintah.

"Kondisi ini, yang diberlakukan oleh pasukan pemerintah, tidak dapat diterima dan bertentangan dengan jaminan sebelumnya, serta persetujuan yang diperoleh dari pemerintah Suriah," ucap Dujarric.

PBB mengatakan masih tidak memiliki izin pemerintah untuk mengirim konvoi bantuan ke 450 ribu dari 900 ribu orang di Suriah yang membutuhkan bantuan. Muncul laporan ada beberapa orang yang tewas akibat kelaparan di beberapa daerah yang terkepung. Badan-badan bantuan mengatakan membutuhkan waktu beberapa bulan untuk bernegosiasi.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0755 seconds (0.1#10.140)