Menlu RI, Malaysia, dan Filipina Akan Bertemu di Jakarta

Kamis, 28 April 2016 - 17:39 WIB
Menlu RI, Malaysia,...
Menlu RI, Malaysia, dan Filipina Akan Bertemu di Jakarta
A A A
JAKARTA - Pertemuan tiga arah antara Menteri Luar Negeri Indonesia, Malaysia dan Filipina akan digelar pada pekan depan. Hal itu diutarakan oleh juru bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia, Arrmanantha Nassir.

Arrmanantha mengatakan, pertemuan itu akan digelar pada tanggal 5 Mei mendatang. Selain ketiga Menlu, pertemuan ini juga akan dihadiri oleh Panglima Militer dari setiap negara.

"ini instruksi Presiden pada Menlu dan Panglima untuk duduk bersama mitra guna membahas upaya bersama meningkatkan keamanan di wilayah yang belakangan ini banyak terjadi terkait pembajakan di kawasan Sulawesi," ucap Arrmanantha pada Kamis (28/4).

"Semua sudah konfirmasi akan hadir. Awalnya dimulai dengan courtesy call pada pagi hari dan dilanjutkan pertemuan berenam di Gedung Pancasila. Utamanya membahas situasi keamanan maritim, dan meningkatkan kemanan di kawasan tertentu, Zullu dan Sulawesi," sambungnya.

Dirinya menuturkan, yang diharapkan dalam pertemuan ini agar kerjasama ekonomi tidak terganggu karena peningkatan keamanan di wilayah itu. Salah satunya, lanjut Arrmanantha juga meningkatkan koordinasi dalam meningkatkan keamanan.

"Diharapkan pertemuan akan menghasilkan joint statemen menegaskan komitmen, meningkatkan keamanan di kawasan. Menjaga stabilitas untuk kepentingan kegiatan ekonomi di sekitar kawasan. Joint statemen juga dalam menghadapi perkembangan tantangan. Akan ada mou juga, tentunya akan memuat kesepakatan lebih detail soal kerjasama ketiga negara untuk memastikan keamanan maritim di kawasan itu," imbuhnya.

"Yang perlu saya angkat, ini merupakan inisiatif Indonesia untuk mengumpulkan ketiga negara. Ini menunjukkan kepemimpinan Indonesia di kawsan. Tahun lalu juga ada inisiatif Indonesia terkait imiggran, ini merupakan tanggung jawab kita bersama terhadap keamanan di kawasan, khususnya memberikan kondisi kondusif bagi kegiatan ekonomi dan keamanan di kawasan itu," pungkasnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8925 seconds (0.1#10.140)