Korut Klaim Sukses Uji Rudal Balistik dari Kapal Selam

Minggu, 24 April 2016 - 17:02 WIB
Korut Klaim Sukses Uji Rudal Balistik dari Kapal Selam
Korut Klaim Sukses Uji Rudal Balistik dari Kapal Selam
A A A
PYONGYANG - Korea Utara (Korut) telah mengkonfirmasi melakukan uji coba rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam. Korut menyatakan bahwa uji coba itu sukses besar dan memberikan negara itu satu lagi alat untuk melakukan serangan nuklir yang kuat.

"Ini (peluncuran rudal) sepenuhnya telah dikonfirmasi dan memperkuat keandalan model sistem peluncuran rudal bawah air Korut dan secara sempurna memenuhi semua persyaratan teknis untuk melaksanakan operasi serangan bawah air," begitu bunyi laporan kantor berita Korut, KCNA, dikutip dari laman ITV, Minggu (24/4/2016).

Sebelumnya, militer Korea Selatan (Korsel) melaporkan, Pyongyang telah menembakkan rudal dari kapal selam di pantai timur. Meski begitu, laporan tersebut tidak dapat memastikan apakah uji coba tersebut berhasil atau tidak.

Laporan ini pun dibenarkan oleh pusat komando strategis Amerika Serikat (AS). Pihak AS menyatakan telah mendeteksi dan melacak peluncuran rudal Korut dari kapal selam, namun tidak menimbulkan ancaman bagi Amerika Utara.

Terkait hal ini, Perancis menyerukan Uni Eropa untuk secara sepihak mengadopsi sanksi tambahan terhadap Korut, jika peluncuran rudal telah dikonfirmasi.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6650 seconds (0.1#10.140)