AS Sebut Dataran Tinggi Golan Bukan Milik Israel

Selasa, 19 April 2016 - 18:25 WIB
AS Sebut Dataran Tinggi Golan Bukan Milik Israel
AS Sebut Dataran Tinggi Golan Bukan Milik Israel
A A A
WASHINGTON - Juru bicara Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat (AS) John Kirby menuturkan, pihaknya tidak pernah memperimbangan datarin tinggi Golan sebagai bagian dari Israel. Golan merupakan wilayah sengketa antara Israel dan Suriah.

Dirinya mengatakan bahwa posisi pemerintah AS sampai saat ini tetap sama, yakni wilayah Golan adalah wilayah sengket. Status wilayah tersebut harus ditentukan melalui pembicaraan antara pemerintah Israel dan Suriah.

"Posisi ini tetap dipertahankan oleh kedua administrasi, yakni Demokrat dan Republik. wilayah Golan bukan bagian dari Israel dan status wilayah tersebut harus ditentukan melalui negosiasi. Situasi di Suriah saat ini tidak memungkinkan adanya negosiasi itu," kata Kirby seperti dilansir Abna pada Selasa (19/4).

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu akhir pekan lalu mengatakan, Israel tidak akan pernah melepaskan dataran tinggi Golan, yang direbut dari Suriah dalam perang 1967 dan dicaplok pada tahun 1981. Menurut Netanyahu, dataran tinggi Golan adalah miliki pemerintah Israel dan pemerintah Suriah.

Menurut pemerintah Suriah, pernyataan yang dilontarkan oleh Israel, paska adanya pertemuan Parlemen pertama di Golan adalah sebuah penegasan bahwa Israel memang telah bermain mata dengan ISIS dan al-Nusrae di wilayah tersebut. ISIS dan al-Nusra memastikan wilayah itu tidak kembali ke pelukan Suriah.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3164 seconds (0.1#10.140)