Rusia Dukung Pemilu Parlemen Suriah

Rabu, 13 April 2016 - 20:47 WIB
Rusia Dukung Pemilu Parlemen Suriah
Rusia Dukung Pemilu Parlemen Suriah
A A A
MOSKOW - Rusia memberikan dukungannya terhadap penyelenggaraan pemilu parlemen di Suriah. Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov mengatakan, pemilu parlemen Suriah diperlukan untuk menopang struktur negara yang ada sampai pembicaraan damai membuka jalan bagi pemilu yang baru.

Lavrov mengatakan, pemilu diperlukan untuk mencegah "kekosongan kekuasaan" di Suriah. Dia menambahkan, pembicaraan damai yang diatur untuk dimulai kembali di Jenewa pada pekan ini harus mengarah pada kesepakatan tentang pemilu dan konstitusi baru Suriah seperti dikutip dari ABC News, Rabu (13/4/2016).

Rusia telah menjadi sekutu penting bagi pemerintahan Presiden Bashar Assad di tengah kecamuk perang saudara yang telah berlangsung selama lima tahun. Rusia sendiri telah melakukan kampanye serangan udara terhadap pemberontak Suriah pada tahun lalu.

Sejumlah pemimpin barat dan anggota oposisi Suriah mengecam pemilu yang diadakan hanya di daerah yang dikuasai oleh pemerintah. Mereka menilai pemilu tersebut adalah pemilu palsu dan aksi provokasi untuk merongrong pembicaraan damai Jenewa.

Pemerintan Suriah sendiri telah mendirikan 12 TPS dari 14 provinsi yang ada. TPS itu termasuk yang berada di provinsi utara Raqqa, yang dikendalikan oleh ISIS, dan provinsi barat laut Idlib, yang dikendalikan kelompk yang berafiliasi dengan Al-Qaeda, Front al-Nusra.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5684 seconds (0.1#10.140)
pixels