China Sebar Jet Tempur dan Sistem Rudal di LCS

Rabu, 13 April 2016 - 18:59 WIB
China Sebar Jet Tempur dan Sistem Rudal di LCS
China Sebar Jet Tempur dan Sistem Rudal di LCS
A A A
WASHINGTON - Militer China telah mengerahkan jet tempur baru ke pulau yang diperebutkan di Laut China Selatan (LCS) dan didukung oleh sistem pertahanan rudal yang canggih. Demikian gambar citra satelit terbaru, seperti dilaporkan oleh Fox News.

Citra satelit dari ImageSat International (ISI) yang diambil pada tanggal 7 April dan disahkan oleh pejabat pertahanan AS, menunjukkan dua jet tempur China Shenyang J-11 di Woody Island. Jet tempur China J-11, dikenal sebagai Flankers dan terbang pertama pada tahun 1998. Jet tersebut adalah versi modifikasi dari Sukhoi Su-27 buatan Rusia.
Kemampuan jet tempur itu setara dengan US Air Force F-15 atau Navy F/A-18 Hornet .

Foto-foto satelit juga menunjukkan sistem radar baru yang dipasang di Woody Island yang membuat peluncur rudal dari permukaan ke udara pertama milik China dapat beroperasi sepenuhnya. Foto-foto dari ImageSat Internasional menunjukkan empat dari delapan rudal itu ditempatkan di sisi timur dari Woody Island dikutip dari Fox News, Rabu (13/4/2016).

China juga diketahui menempatkan sistem radar HQ-9, yang mirip sistem rudal S-300 Rusia, memiliki jangkauan 125 mil. Hal ini dapat menimbulkan ancaman bagi pesawat sipil, di samping pesawat militer AS.

Fox News sebelumnya juga telah mengabarkan bahwa China telah menyebarkan sistem pertahanan rudalnya di Woody Island pada akhir Februari lalu, ketika Presiden Obama menjadi tuan rumah pertemuan dengan 10 pemimpin Asia Tenggara di Palm Springs.

(Baca juga: China "Parkir" Jet Tempur di Pulau Sengketa)
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6804 seconds (0.1#10.140)