Sempat Dirawat, Jurnalis yang Ditembak ISIS Meninggal Dunia

Rabu, 13 April 2016 - 19:04 WIB
Sempat Dirawat, Jurnalis yang Ditembak ISIS Meninggal Dunia
Sempat Dirawat, Jurnalis yang Ditembak ISIS Meninggal Dunia
A A A
GAZIANTEP - Zaher al-Shurqat, jurnalis asal Suriah yang ditembak oleh ISIS dikabarkan meninggal dunia. Shurqat meninggal setelah beberapa hari menjalani perawatan di sebuah rumah sakit di Gaziantep, Turki.

"Mohammed Zahir al-Shirqat meninggal pada Selasa sore di sebuah rumah sakit di Gaziantep, dekat perbatasan Suriah," kata Barry Abdullatif, seorang aktivis Suriah yang juga merupakan sahabat Shurqat, seperti dilansir Al Arabiya pada Rabu (13/4).

Abdullatif juga menuturkan, sebelum aksi penembakan terhadap Shurqat terjadi, jurnalis yang bekerja di Allepo Today itu sudah kerap kali menerima ancaman pembunuhan. Terakhir, lanjut Abdullatif, Shurqat menerima ancaman pembunuhan dua bulan lalu.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kantor berita pro-ISIS, Amaq melaporkan bahwa tim penembak jitu ISIS telah menembak Shurqat di depan kantornya di Gaziantep. Shurqat ditembak karena membuat laporan soal kejahatan yang dilakukan ISIS di Suriah.

Shurqat sejatinya adalah seorang pejuang, yang sedari awal sudah mengobarkan peperangan melawan ISIS di kota perbatasan Suriah al-Bab. Dia adalah seorang komandan Brigade Abu Bakr al-Siddiq , sebuah faksi oposisi Suriah yang kemudian bergabung dengan kelompok pemberontak terbesar di Suriah, Ahrar al-Sham.

Setelah ISIS merebut kota al-Bab pada Maret 2014, Shurqat menuju ke Turki, di mana ia akhirnya bekerja Aleppo Today. dan bertugas di program TV yang mendokumentasikan kehidupan sehari-hari di Aleppo di bawah kontrol ISIS.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5885 seconds (0.1#10.140)