Rusia Curigai Keterlibatan Turki dalam Konflik Karabakh

Sabtu, 09 April 2016 - 21:47 WIB
Rusia Curigai Keterlibatan Turki dalam Konflik Karabakh
Rusia Curigai Keterlibatan Turki dalam Konflik Karabakh
A A A
MOSKOW - Perdana Menteri Rusia, Dmitry Medvedev mengatakan, kemungkinan ada "Turkey Factor" dalam konflik bersenjata yang pecah di Nagorno-Karabkh pada akhir pekan lalu. Terlebih, Turki telah menyatakan dukungannya terhadap Azerbaijan dalam konflik yang berlangsung selama 4 hari itu.

"Ada sejumlah pasukan yang erat melihat konsekuensi dari konflik Nagorno-Karabakh untuk situasi di Timur Tengah dan di Rusia. Semua konflik pada saat tertentu mungkin dalam satu sama lain menjadi faktor dalam keputusan politik," tutur Medvedev dikutip dari Sputnik, Sabtu (9/4/2016).

"Jadi saya tidak mengesampingkan bahwa ada faktor-faktor yang mempengaruhi konflik dari luar negeri. Anda menyebutkan Turkey Factor. Turkey Factor mungkin ada, setidaknya karena Turki telah menyatakan posisinya," imbuh Medvedev.

Medvedev juga merasa prihatin atas kecenderungan Turki untuk membuat penilaian dalam konflik di Nagorno-Karabakh bukannya menyerukan perdamaian. Seperti diketahui, ecep Tayyip Erdogan menyuarakan dukungan Turki untuk Azerbaijan dalam konflik itu dan menuding Rusia bermain dalam konflik itu.

"Alih-alih meminta semua pihak untuk tenang, mendesak mereka untuk kembali ke meja diskusi, untuk memulai pembicaraan dan mengakhiri baku tembak, dan memberi evaluasi. Mengapa? Untuk menambahkan minyak ke api? Ini, tentu, bisa saja menimbulkan kekhawatiran," tukas Medvedev.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4761 seconds (0.1#10.140)