Korut Klaim Sukses Uji Coba Peluncur Rudal Balistik

Sabtu, 09 April 2016 - 16:10 WIB
Korut Klaim Sukses Uji Coba Peluncur Rudal Balistik
Korut Klaim Sukses Uji Coba Peluncur Rudal Balistik
A A A
PYONGYANG - Korea Utara (Korut) mengaku telah berhasil melakukan uji coba mesin peluncur untuk rudal balistik antarbenua. Korut menyatakan, dengan mesin tersebut memungkinkan untuk menyerang daratan Amerika Serikat dengan hulu ledak nuklir.

"Sekarang kita bisa meletakkan hulu ledak nuklir yang lebih kuat pada roket balistik antar benua yang baru dan menempatkan Amerika Serikat dan seluruh dunia dalam jangkauan serangan kami," kata pemimpin negara itu, Kim Jong-un seperti dikutip New York Times dari laporan media resmi pemerintah Korut, KCNA, Sabtu (9/4/2016).

Meski begitu, KCNA tidak menyatakan kapan uji coba itu dilakukan. KCNA hanya menyatakan bahwa uji coba dilakukan di Sohae Space Center sebelah barat dekat perbatasan negara itu dengan China. Situs yang sama digunakan untuk meluncurkan roket jarak jauh pada bulan Februari lalu.

Hingga saat ini belum diketahui dengan pasti sudah sejauh mana perkembangan Korut dalam mengembangkan rudal balistik antar benua. Korut kerap menunjukkan sejumlah rudal yang disebut sebagai rudal antar benua dalam parade militernya. Namun sejumlah analis menyebut kemungkinan itu hanya prototipe.

Korut menegaskan jika mereka akan memperluas program nuklir dan rudalnya, meskipun telah dijatuhkan sanksi oleh PBB. Pada bulan Maret lalu, PBB menjatuhkan sanksi tegas kepada Korut sebagai hukuman untuk uji coba nuklir pada bulan Januari dan peluncuran roket jarak jauh pada bulan berikutnya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8287 seconds (0.1#10.140)
pixels