Hubungan Turki-Israel Akan Kembali Mesra

Jum'at, 08 April 2016 - 17:49 WIB
Hubungan Turki-Israel Akan Kembali Mesra
Hubungan Turki-Israel Akan Kembali Mesra
A A A
ANKARA - Kementerian Luar Negeri Turki mengumumkan, hubungan negara itu dengan Israel akan kembali normal setelah mencapai kesepakatan normalisasi hubungan. Hubungan kedua negara jatuh ke titik nadir pada tahun 2010, pasca serangan tentara Israel ke kapal Mavi Marmara.

"Tim negosiasi telah membuat kemajuan menuju finalisasi perjanjian dan menutup kesenjangan serta setuju bahwa kesepakatan akan diselesaikan dalam pertemuan berikutnya yang akan diselenggarakan segera," bunyi pernyataan Kemlu Turki, seperti dikutip dari Daily Star, Jumat (8/4/2016).

Turki dan Israel mengadakan putaran baru perundingan normalisasi hubungan dua negara yang pernah menjadi sekutu utama sampai 2010, ketika pasukan komando Israel menyerbu kapal bantuan Turki yang menuju Gaza. Sepuluh aktivis bantuan Turki tewas dalam penyerbuan Mavi Marmara.

Ankara mengatakan, pembicaraan terbaru di London, Inggris itu dilakukan oleh pejabat Kemlu Turki dan penasehat PM Israel dan penasehat keamanan nasional Negeri Zionis itu

Analis menyatakan, keinginan Turki untuk mempercepat pemulihan hubungan dengan Israel tidak lepas dari memburuknya hubungan Ankara dengan Moskow sejak insiden penembakan pesawat perang Rusia beberapa waktu lalu.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7585 seconds (0.1#10.140)