AS Hendak Sebar Dua Skuadron Jet Tempur F-35 di Alaska

Selasa, 05 April 2016 - 13:12 WIB
AS Hendak Sebar Dua Skuadron Jet Tempur F-35 di Alaska
AS Hendak Sebar Dua Skuadron Jet Tempur F-35 di Alaska
A A A
WASHINGTON - Sekretaris Angkatan Udara Amerika Serikat (AS), Deborah Lee James, telah menyetujui rencana penyebaran dua skuadron baru jet tempur F-35 di Air Force Base (AFB) Eielson, di Alaska.

Dua skuadron jet tempur itu akan dikerahkan bersama ribuan personel militer pada tahun 2020.


Alaska menggabungkan lokasi strategis penting dengan lingkungan pelatihan kelas dunia, kata Deborah dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada hari Senin, yang dikutip Sindonews dari situs US Air Force, Selasa (5/4/2016).


”Menyebarkan F-35 di AFB Eielson akan memungkinkan Angkatan Udara memiliki kemampuan menggunakan Joint Pacifica Alaska Range Complex (JPARC) untuk latihan menggunakan kekuatan besar dan manuver di Alaska,” lanjut Deborah.

Keputusan ini melibatkan proses tiga tahun mempertimbangkan dampak lingkungan seperti kualitas udara, kebisingan, penggunaan lahan dan dampak sosial-ekonomi.


Jika rencana itu benar-benar terealisasi, maka pesawat jet tempur terbaru Angkatan Udara AS, F-35 Lightning II akan bergabung dengan skuadron F-16 yang skuadron saat ini ditugaskan di Eielson. Eielson akan menjadi basis pertama di luar wilayah utama AS, di wilayah operasi Pasifik yang akan menerima jet tempur generasi kelima.


AS juga berencana untuk membeli lebih dari 2.400 unit jet tempur F-35 jet tempur dari produsen Lockheed Martin selama beberapa dekade mendatang. Jet tempur yang dipesan itu dalam tiga varian, F-35A, F-35B dan F-35C.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5764 seconds (0.1#10.140)