KBRI Seoul Resmikan Mitra Indonesia Mandiri

Minggu, 03 April 2016 - 15:53 WIB
KBRI Seoul Resmikan Mitra Indonesia Mandiri
KBRI Seoul Resmikan Mitra Indonesia Mandiri
A A A
SEOUL - Kedutaan Besar Indonesia (KBRI) di Seoul, Korea Selatan (Korsel) dilaporkan telah meresmikan 13 Mitra Indonesia Mandiri, yang merupakan wakil-wakil masyarakat dari berbagai kota konsentrasi WNI di Korsel. Peresmian ke-13 Mitra Indonesia Mandiri ini dilakukan pada awal pekan lalu.

Menurut siaran pers KBRI Seoul yang diterima Sindonews, pembentukan Mitra Mandiri itu dimaksudkan untuk menyelesaikan masalah administrasi dan kasus-kasus yang banyak terjadi, yang dialami WNI. Selain itu, WNI juga dapat berkoordinasi dalam rangka pencegahan.

Sebagaimana diberitakan, iming-iming kerja yang bersifat abal-abal, banyak dilakukan oleh oknum di kedua belah pihak dan menelan banyak korban.

"Kerjasama antara KBRI Seoul dengan Mitranya akan berkontribusi pada penyelesaian masalah secara lebih cepat. Meskipun layanan secara online telah diterapkan, namun kerjasama antar manusia masih sangat penting. Mitra Indonesia Mandiri merupakan bagian dari pencegahan, deteksi dini dan respon secara cepat," ujar M Aji Surya, Minister Counsellor Bidang Konsuler KBRI Seoul.

Menurut Aji, sampai saat ini Konsuler KBRI hanya diiawaki oleh 3 diplomat dan beberapa staf lokal. Oleh karena itu, layanan bagi kurang lebih 40 ribu WNI di Seoul memerlukan sebuah strategi yang tepat. Hal ini, lanjut Aji tidak akan efektif tanpa sinergi dengan WNI di berbagai tempat.

Mulai sekarang, papar Aji, WNI di Korea cukup mengontak Mitra Indonesia Mandiri dalam keadaan terdesak dan konsultasi masalah-masalah teknis. Tahap berikutnya, Mitra Indoneia Mandirikah yang akan berkomunikasi dengan KBRI melalui berbagai saluran, seperti WA, FB maupun Kakao Talk guna menyelesaikan masalah.

"Walaupun begitu, warga juga tetap bisa berkomunikasi langsung dengan KBRI. Kita selalu siap 24 jam," imbuh Aji
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6191 seconds (0.1#10.140)