Acuhkan Imbauan China, AS Kembali Kirim Kapal ke LCS

Sabtu, 02 April 2016 - 19:05 WIB
Acuhkan Imbauan China, AS Kembali Kirim Kapal ke LCS
Acuhkan Imbauan China, AS Kembali Kirim Kapal ke LCS
A A A
WASHINGTON - Sebuah sumber pemerintah Amerika Serikat (AS) mengatakan, Angkatan Laut negara itu akan mengirim kapal patroli untuk ketiga kalinya ke Laut China Selatan pada awal April. Namun, terkait waktu yang tepat dan kapal yang akan melakukan, belum diketahui dengan jelas.

Menurut sumber itu, kapal USS Stenis saat ini tengah beroperasi di sekitar Laut China Selatan. Namun pelayaran atas nama kebebasan navigasi itu tidak mungkin dilakukan oleh USS Stenis, melainkan oleh kapal yang lebih kecil, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (2/4/2016).

Para ahli memprediksi, tantangan AS terhadap klaim teroritorial China di LCS akan dilakukan di dekat Mischief Reef. Pulau karang itu diklaim oleh Filipina dan kerap terendam saat air pasang sebelum China memulai proyek pengerukan untuk mengubahnya sebagai pulau tahun 2014.

Saat ini, Mischief Reef telah menjadi salah satu situs dari tiga lapangan udara militer yang dibangun oleh China di Kepulauan Spratly yang berada di LCS yang tengah disengketakan.

Dalam beberapa bulan terakhir, AS kerap melakukan pelayaran yang disebut sebagai kebebasan navigasi. Kapal perang AS berlayar mendekati pulau-pulau yang disengketakan untuk menggaribawahi hak untuk mengarungi lautan. Para pejabat Angkatan Laut AS telah mengatakan mereka berencana untuk melakukan latihan lebih banyak dan semakin kompleks di masa depan.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5413 seconds (0.1#10.140)