Kata-kata Terakhir Pilot sebelum Pesawat Flydubai Jatuh

Senin, 21 Maret 2016 - 07:58 WIB
Kata-kata Terakhir Pilot...
Kata-kata Terakhir Pilot sebelum Pesawat Flydubai Jatuh
A A A
MOSKOW - Rekaman kontrol lalu lintas udara mengungkapkan kata-kata terakhir pilot pesawat Flydubai sebelum jatuh di Rostov-on-Don, Rusia, Sabtu lalu. Tragedi itu menewaskan 62 orang, yang terdiri dari 55 penumpang dan tujuh awak.

Salah satu pilot pesawat Flydubai dalam rekaman berdurasi tujuh menit terdengar pertanyaan;”Apakah cuaca lebih baik?.” Kata-kata itu terdenger ketika pesawat mendekati Bandara Rostov-on-Don.


Informasi awal menunjukkan pesawat Flydubai FZ981 jatuh ketika hendak mendarat di dekat bandara Rostov-on-Don yang berjarak sekitar 950 kilometer dari selatan Moskow. Pesawat itu meledak dan terpecah menjadi puing-puing yang menyebar hingga radius beberapa kilometer.

Pesawat tipe Boeing 737-800 itu terbang dari Dubai menuju Rostov- on-Don, Rusia selatan.Kementerian Darurat Rusia menyebut, tragedi pesawat Flydubai terjadi ketika melakukan upaya pendaratan yang kedua atau pengulangan.

Empat anak kecil termasuk di antara 62 orang yang tewas dalam tragedi pesawat itu. Dalam rekaman itu, ada percakapan yang diduga antara pilot dan pengendali lalu lintas udara. Pilot berulang kali ditanya tentang kondisi visibilitas.

Masih menurut rekaman yang dilansir Daily Mail, pilot jugameminta informasi tentang perubahan cuaca di darat. Percakapan itu menggunakan bahasa Inggris dan Rusia.

Pesawat itu dipiloti oleh Siprus Aristos Sokratous dan co-pilot asal Spanyol, Alejandro Alava Cruz.


Komite Investigasi Rusia mengaku sedang menyelidiki dugaan kesalahan pilot atau kegagalan teknis sebagai penyebab kecelakaan pesawat.
Gubernur Rostov, Rusia, Vasily Golubev, mengatakan bahwa pesawat itu jatuh sekitar 800 kaki dari landasan pacu.Dengan semua penampilan, penyebab kecelakaan udara itu adalah angin yang sangat kencang, mendekati level badai,” katanya.

Menanggapi kecelakaan itu, CEO Flydubai, Ghaith Al Ghaith, berujar; ”Perhatian utama kami adalah untuk keluarga para penumpang dan awak yang berada di pesawat.”

Semua orang di Flydubai ada di dalam hati kita yang syok. Kami belum tahu semua rincian tentang kecelakaan, tapi kami bekerja sama dengan pihak berwenang untuk menetapkan penyebabnya. Kami membuat setiap usaha untuk merawat mereka yang terkena dampak dan akan memberikan bantuan kepada orang-orang terkasih dari mereka yang ada di pesawat,” lanjut dia, yang dilansir Senin (21/3/2016).
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1652 seconds (0.1#10.140)