Kerry Sebut ISIS Lakukan Genosida di Irak dan Suriah

Kamis, 17 Maret 2016 - 22:42 WIB
Kerry Sebut ISIS Lakukan Genosida di Irak dan Suriah
Kerry Sebut ISIS Lakukan Genosida di Irak dan Suriah
A A A
WASHINGTON - Sejumlah pejabat Amerika Serikat (AS) mengatakan, Menteri Luar Negeri John Kerry telah menetapkan bahwa kelompok ekstrimis ISIS telah melakukan genosida. ISIS dituding telah melakukan genosida terhadap pemeluk agama Kristen dan kaum minoritas lainnya di Irak dan Suriah.

Para pejabat mengatakan, Kerry akan mengumumkan keputusannya itu saat bertemu dengan Kongres AS. Keputusan itu dikeluarkan hanya sehari setelah Departemen Luar Negeri menyatakan Kerry akan menunda pengumuman itu, seperti dikutip dari Time, Kamis (17/3/2016).

Penundaan pernyataan ini sempat mengundang kritik tajam dari anggota parlemen dan sejumlah pihak lainnya. Mereka telah meminta Kerry untuk secepatnya memutuskan hal tersebut.

Meski telah memutuskan ISIS melakukan genosida, menurut para pejabat itu, hal tersebut tidak lantas mewajibkan AS untuk mengambil tindakan tambahan terhadap ISIS. Para pejabat mengatakan, Kerry secara khusus akan menyebutkan kaum Kristen, Yazidi dan kelompok Syiah sebagai korban genosida.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4761 seconds (0.1#10.140)