Pendiri ASEAN Thanat Khoman Tutup Usia

Jum'at, 04 Maret 2016 - 20:30 WIB
Pendiri ASEAN Thanat Khoman Tutup Usia
Pendiri ASEAN Thanat Khoman Tutup Usia
A A A
BANGKOK - Mantan Menteri Luar Negeri Thailand yang membantu memperkuat hubungan dekat negaranya dengan Amerika Serikat (AS) selama Perang Vietnam, Thanat Khoman meninggal pada usia 101 tahun.

Khoman menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Thailand dari 1959-1971. Ia meninggal dunia karena usia tua di Rumah Sakit Ramathibodi seperti dikutip dari laman Straits Times.

Seorang diplomat AS yang sempat memiliki hubungan dengan Khoman menggambarkannya sebagai sosok yang cerdas dan mendedikasikan hidupnya untuk negaranya.

"Dia membela kepentingan Thailand dengan keberanian dan rahmat. Kami berduka atas kepergiannya," bunyi pernyataan yang dikeluarkan oleh Duta Besar AS untuk Thailand Glyn Davies setelah kematian Khoman dikutip dari Washington Post, Jumat (4/3/2016).

Nama Thanat Khoman di kawasan Asia Tenggara mempunyai makna tersendiri. Ia adalah salah satu pendiri organisasi negara-negara Asia Tenggara atau ASEAN bersama Adam Malik (Indonesia), Tun Abdul Razak (Malaysia), Narsisco Ramos (Filipina), dan S Rajaratman (Singapura) pada tahun 1967.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7488 seconds (0.1#10.140)