Anwar Ibrahim Dukung Musuh Lama Mahathir Gulingkan PM Malaysia

Jum'at, 04 Maret 2016 - 14:57 WIB
Anwar Ibrahim Dukung...
Anwar Ibrahim Dukung Musuh Lama Mahathir Gulingkan PM Malaysia
A A A
KUALA LUMPUR - Anwar Ibrahim, tokoh oposisi Malaysia yang masih dipenjara mendukung “musuh lama”-nya, mantan Perdana Menteri (PM) Mahathir Mohamad untuk menggulingkan PM Malaysia, Najib Razak.

Anwar yang dulu dikenal sebagai anak didik Mahathir pernah bermusuhan ketika dia dipecat sebagai Wakil Perdana Menteri Malaysia pada tahun 1998. Anwar lantas dipenjara atas tuduhan sodomi yang oleh banyak pengamat penahanan Anwar bermotif politik.

Setahun yang lalu, Anwar dipenjara lagi atas tuduhan sodomi. Tuduhan itu, kata Anwar, dibuat oleh Pemerintah Najib untuk menghilangkan ancaman yang membahayakan kekuasannya.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan dari penjara pada hari Kamis, Anwar, menyatakan mendukung masyarakat sipil, partai politik dan individu termasuk Mahathir Mohamad untuk menggulingkan PM Najib.

Dia (Najib) bertanggung jawab atas keterlibatannya dalam tindakan politik egois, mendatangkan malapetaka pada administrasi lembaga, dan membebani rakyat dengan krisis ekonomi lanjutan,” kata Anwar, seperti dikutip Reuters, Jumat (4/3/2016).

Najib telah menghadapi tekanan berkelanjutan untuk mengundurkan diri sejak pertengahan tahun lalu atas munculnya skandal dugaan korupsi di lembaga keuangan negara; 1Malaysia Development Berhad (1MDB).

Pada pertengahan 2015, Wall Street Journal, mengungkap aliran dana ke “rekening gendut” PM Najib sebesar hampir USD700 juta.

Media yang berbasis di Amerika Serikat (AS) itu beberapa hari lalu kembali mengungkap jumlah aliran dana ke rekening PM Najib yang jumlahnya lebih besar, yaitu lebih dari USD 1 miliar atau lebih dari Rp13 triliun.

Sejak Anwar dipenjara, Mahathir telah muncul sebagai pengkritik keras PM Najib. Pekan lalu, Mahathir mundur dari Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO), partai berkuasa di Malaysia.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0699 seconds (0.1#10.140)