China Parkir Jet Tempur di Pulau Sengketa

Rabu, 24 Februari 2016 - 20:25 WIB
China Parkir Jet Tempur di Pulau Sengketa
China Parkir Jet Tempur di Pulau Sengketa
A A A
WASHINGTON - China dikabarkan telah menyebar jet tempur ke pulau yang disengketakan di Laut China Selatan. Sebelumnya China juga telah mengirim sistem pertahanan rudal.

Seperti diberitakan oleh Fox News, mengutip dua pejabat Amerika Serikat (AS) yang tidak disebutkan namanya, intelijen AS telah melihat jet tempur jenis Shenyang J-11 dan Xian JH-7 di Woody Island dikutip dari Telegraph, Rabu (24/2/2016).

Seorang juru bicara Komando Pasifik AS, Kapten Angkatan Laut Darryn James, mengkonfirmasi laporan itu namun mencatat bahwa jet tempur Cina sebelumnya telah digunakan pulau. "Kami masih khawatir bahwa China terus menempatkan sistem senjata canggih di wilayah sengketa ini," kata James.

Kabar ini pun telah dilaporkan kepada Menteri Luar Negeri AS, John Kerry, yang disaat bersamaan tengah menerima kunjungan dari koleganya dari China, Menteri Luar Negeri China Wang Yi di Washington.

Woody Island yang berada dalam rantai Paracel Island menjadi lahan sengketa antara China dengan Taiwan dan Vietnam. Pulau ini telah memiliki sebuah lapangan udara yang beroperasi sejak 1990-an yang baru di perbaharui untuk mengakomodasi jet tempur jenis Shenyang J-11.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6326 seconds (0.1#10.140)