Setelah Rudal, China Sebar Sistem Radar Baru di LCS

Selasa, 23 Februari 2016 - 18:33 WIB
Setelah Rudal, China Sebar Sistem Radar Baru di LCS
Setelah Rudal, China Sebar Sistem Radar Baru di LCS
A A A
WASHINGTON - China kemungkinan telah menyebar sistem radar frekuensi tinggi di Kepulauan Spratly. Hal ini secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan Beijing mengontrol Laut China Selatan (LCS) yang disengketakan.

Laporan Asian Maritime Transparency Initiative yang berada di Washington Center for Strategic dan International Studies menyatakan, gambar satelit terbaru menunjukkan pembangunan fasilitas radar di Cuarteron Reef hampir lengkap. Selain itu, pulau buatan tersebut sekarang mencakup area seluas sekitar 52 acre (210.500 meter persegi).

"Dua menara radar kemungkinan telah dibangun di bagian utara, dan sejumlah tiang setinggi 65-kaki (20 meter) telah didirikan di seluruh bagian besar dari bagian selatan," kata laporan itu seperti dilansir dari Reuters, Selasa (23/2/2016).

"Tiang ini bisa menjadi instalasi radar frekuensi tinggi, yang secara signifikan akan meningkatkan kemampuan China untuk memantau permukaan dan lalu lintas udara di bagian selatan Laut Cina Selatan," demikian bunyi laporan itu.

Terkait laporan ini, kementerian luar negeri dan pertahanan China tidak segera menanggapi permintaan komentar. Sebelumnya, baik Amerika Serikatr (AS) dan Vietnam pada pekan lalu telah mengungkapkan keprihatinan penyebaran sistem pertahanan rudal canggih milik China di Paracel.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5925 seconds (0.1#10.140)