Mesir Buka Perbatasan Rafah-Jalur Gaza

Sabtu, 13 Februari 2016 - 23:14 WIB
Mesir Buka Perbatasan Rafah-Jalur Gaza
Mesir Buka Perbatasan Rafah-Jalur Gaza
A A A
GAZA - Pihak otoritas Palestina menyatakan, Mesir membuka kembali perbatasan Rafah dengan Jalur Gaza selama dua hari dan akan kembali menutup wilayah perbatasan itu selama 70 hari. Mesir terakhir kali membuka wilayah perbatasan itu pada 3 Desember lalu selama dua hari.

Dalam pernyataannya, sayap kelompok Hamas yang mengatur wilayah perbatasan dan penyeberangan mengatakan, Mesir akan membuka perbatasan Rafah dan bus penumpang pertama sudah menyeberang, seperti dikutip dari Xinhua, Sabtu (13/2/2016).

Kelompok tersebut menambahkan bahwa penyeberangan akan berfungsi pada hari Sabtu dan Minggu bagi warga Palestina yang ingin melakukan perjalanan di kedua arah. Meski begitu, pembukaan wilayah perbatasan itu diprioritaskan untuk bantuan kemanusiaan, mahasiswa, dan mereka yang memegang kewarganegaraan ganda.

Ratusan warga Palestina sendiri telah berkumpul pada hari Sabtu pagi di sisi Palestina untuk menunggu bus guna memindahkan mereka ke Mesir.
Kelompok itu mengatakan bahwa terminal Rafah dibuka hanya 21 hari pada tahun 2015, menambahkan bahwa tahun ini adalah yang terburuk untuk operasi penyeberangan. Rafah adalah satu-satunya gerbang untuk sekitar 2 juta warga Palestina di Gaza kepada dunia.

Sejak tahun 2007, gerakan Hamas telah menguasai Jalur Gaza, termasuk Rafah setelah terlibat pertempuran dengan dengan pasukan keamanan Presiden Mahmoud Abbas 'Partai Fatah.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5955 seconds (0.1#10.140)