Uni Eropa Cabut Sanksi Ekonomi untuk Iran

Minggu, 17 Januari 2016 - 14:25 WIB
Uni Eropa Cabut Sanksi Ekonomi untuk Iran
Uni Eropa Cabut Sanksi Ekonomi untuk Iran
A A A
WINA - Uni Eropa sudah memulai proses pencabutan sanksi ekonomi untuk Iran setelah menerima laporan Badan Energi Atom Internasional (IAEA). Dalam laporannya IAEA menyatakan, Teheran telah mengendalikan program nuklirnya sesuai dengan kesepatakan.

"Sebagaimana Iran yang telah memenuhi komitmennya, hari ini, sanksi ekonomi dan keuangan multilateral dan nasional terkait program nuklir Iran dicabut," kata Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Federica Mogherini seperti dikutip dari Xinhua, Minggu (17/1/2016).

Pengumuman pencabutan sanksi terhadap Iran itu diumumkan Mogherini bersama-sama dengan Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif. Keduanya juga mengumumkan hari pelaksanaan Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA) sebutan lain dari kesepakatan nuklir yang ditandatangani pada bulan Juli lalu.

Moherini juga mengatakan bahwa hari pelaksanaa JCPOA adalah sebuah fakta kunci yang menyatakan bahwa diplomasi bisa mengatasi sebuah masalah yang sulit.

Saat ini, langkah terakhir menuju pencabutan sanksi terhadap Iran tengah berlansung. Selain Uni Eropa, Amerika Serikat (AS) juga akan mencabut sanksi untuk Iran.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3309 seconds (0.1#10.140)