Sekjen PBB Sambut Baik Pertukaran Tawanan AS-Iran

Minggu, 17 Januari 2016 - 12:05 WIB
Sekjen PBB Sambut Baik...
Sekjen PBB Sambut Baik Pertukaran Tawanan AS-Iran
A A A
NEW YORK - Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon, menyambut baik pertukaran tawanan antara Iran dengan Amerika Serikat (AS). Kedua negara melakukan pertukaran tawanan sesaat setelah sanksi atas Iran dicabut.

"Sekretaris Jenderal memuji langkah terbaru Pemerintah AS dan Republik Islam Iran untuk memperbaiki hubungan. Dia juga berbesar hati dengan pencabutan sanksi terhadap Iran," begitu pernyataan Ki-moon lewat juru bicaranya seperti dikutip dari Xinhua, Minggu (17/1/2016).

Ki-monn berharap bahwa semua pihak bergerak sepenuhnya melaksanakan Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA) dengan itikad baik dan untuk meningkatkan kerjasama menekan masalah internasional dan regional lainnya.

Pria asal Korea Selatan (Korsel) itu juga menegaskan semua pihak perlu membuat dunia menjadi tempat yang lebih aman melalui dialog dan mengedepankan cara-cara damai.

Sebelumnya, Iran menyatakan membebaskan empat tahanan AS pada Sabtu kemarin termasuk koresponden Washington Post, Jason Rezaian.

Para pejabat AS juga menegaskan bahwa pada hari yang sama mereka membebaskan 4 warga Iran keturunan Amerika sebagai bagian pertukaran tawanan.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7437 seconds (0.1#10.140)