Malaysia: Walaupun Kerap Bermasalah, Kami Tetap Butuh TKI

Rabu, 13 Januari 2016 - 01:55 WIB
Malaysia: Walaupun Kerap Bermasalah, Kami Tetap Butuh TKI
Malaysia: Walaupun Kerap Bermasalah, Kami Tetap Butuh TKI
A A A
JAKARTA - Walaupun kerap menyebabkan masalah, Malaysia mengaku tetap membutuhkan Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Hal itu disampaikan oleh Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, Dato' Seri Zahrain Mohamed Hashim.

Berbicara saat menggelar jamuan makan malam di kediamannya di Jakarta, pada Selasa (12/1) malam, Hashim mengatakan, TKI memiliki jasa yang teramat besar dalam perkembangan dan pembangunan Malaysia.

"Walaupun sering menimbulkan masalah, tapi kita tetap butuh TKI. Di Malaysia kita membutuhkan TKI, sebab salah satu faktor sukses Malaysia dari segi pembangunan adalah TKI," kata Hashim.

"TKI telah membantu membangun negara kami, dari berbagai aspek. Jadi, kami tidak menampik, walaupun kerap menimbulkan masalah, kami sangat membutuhkan TKI," sambungnya.

Di kesempatan yang sama, Hashim juga menuturkan, Indonesia dan Malaysia harus saling bekerjasama untuk mengatasi masalah TKI. Khususnya, mengenai TKI ilegal, dimana saat ini jumlah TKI ilegal di Malaysia masih sangat banyak.

Masalah TKI ilegal, lanjut Hashim, menjadi salah satu fokus pembahasan kala Perdana Menteri Malaysia Najib Razak melakukan pertemuan dengan Presiden Indonesia Joko Widodo beberapa waktu lalu.

Selain itu, menurut diplomat senior itu, media sebagai penyambung lidah antara pemerintah dan masyrakat juga harus terlibat dalam hal ini. "Untuk menyelesaikan masalah ini diperukan kerjasama semua pihak, termasuk media," ucapnya.

"Bila media memberitakan sesuatu hal yang benar, maka masalah ini akan dapat terselesaikan. Tapi, jika memberitakan yang salah, maka masalah ini akan semakin rumit. Jadi, mengenai masalah ini bukan hanya tanggung jawab kami saja (pemerintah), tetapi kalian juga," pungkasnya, merujuk pada awak media.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4366 seconds (0.1#10.140)