Bertemu Menlu Singapura, Ini yang Dibahas Menlu Retno

Selasa, 12 Januari 2016 - 19:06 WIB
Bertemu Menlu Singapura, Ini yang Dibahas Menlu Retno
Bertemu Menlu Singapura, Ini yang Dibahas Menlu Retno
A A A
JAKARTA - Pembahasan mengenai perdagangan, pariwisata, hingga tenaga kerja menjadi fokus pembahasan antara Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan, di Jakarta.

Retno menuturkan, dari segi perdagangan pada tahun 2014 lalu, nilai perdagangan Indonesia-Singapura hampir mencapai USD 42 miliar. Sedangkan soal investasi, Singapura adalah investor terbesar di Indonesia, dimana pada 2014 lalu nilai investasinya mencapai USD 5,8 miliar.

"Tadi juga bicara kerjasama pariwisata. Jumlah wisatawan kedua negara sangat tinggi. Untuk wisatawan Singapura ke Indonesia merupakan wisatawan yang terbesar. Pada 2014 jumlahnya lebih dari 1,5 juta orang," ucap Retno, pada Selasa (12/1/2016).

Di bidang ekonomi, kedua negara menjajaki kemungkinan Indonesia untuk meningkatkan ekspor agri bisnis. "Kita tahu Singapura butuh barang-barang agri kultur dan dari segi kapasitas Indonesia memilikinya.

"Ini merupakan potensi yang dapat didekatkan. Bicara hal-hal yang untuk direalisasikan adalah peningkatan agrikultur, serta kerjasama di banyak bidang," sambungnya.

Menurut Retno, tidak ada alasan bagi Indonesia dan Singapura untuk tidak menjadi mitra dekat. Pasalnya, kedua negara sangat dekat, baik secara historis ataupun secara geografis.

"Hubungan antara Indonesia dan Singapura intensif karena pertama letak kedua negara dekat jadi secara alami harus jadi mitra yg baik. Kedua karena intensitas hubungan yang intensif yang membuat kedua negara menjadi mitra utama bagi satu sama lain," imbuhnya.

Di kesempatan yang sama, Retno menambahkan bahwa dalam pertemuan tersebut keduanya juga membahas mengenai rencana kunjungan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong ke Indonesia.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7421 seconds (0.1#10.140)