BREAKING: Korut Konfirmasi Sukses Uji Bom Hidrogen

Rabu, 06 Januari 2016 - 11:04 WIB
BREAKING: Korut Konfirmasi...
BREAKING: Korut Konfirmasi Sukses Uji Bom Hidrogen
A A A
PYONGYANG - Korea Utara (Korut) pada Rabu (6/1/2016)mengumumkan bahwa negara itu sukses menguji coba sebuah bom hidrogen. Pernyataan dari Pemerintah Korut yang dipimpin Kim Jong-un itu ditayangkan stasiun televisi negara Korea Selatan (Korsel) dan disebarkan stasiun televisi Korsel lainnya.

Menurut pernyataan itu, Pyongyang mengklaim bahwa uji coba bom hidrogen adalah hak negara untuk “membela diri”. Dalam pernyataan itu, Korut juga berjanji untuk tidak menggunakan senjata nuklir jika masyarakat internasional menghormati kedaulatannya.


Sebelumnya, Korsel dan Jepang menduga Korut telah melakukan uji coba senjata nuklir yang memicu gempa bumi di Korut pagi ini.

(Baca: Korut Diduga Uji Senjata Nuklir yang Memicu Gempa Bumi)

Pemerintah Korsel telah mengadakan pertemuan darurat atas masalah ini. Korsel menduga Korut sudah mengumumkan uji coba nuklir pada pukul 06.30. Kantor berita Yonhap yang mengutip seorang agen intelijen melaporkan bahwa Pyongyang akan membuat “pernyataan penting” pada pukul 12.30 siang waktu Seoul.

Tokyo juga curiga gempa bumi di Korut karena rezim Kim Jong-un telah melakukan uji coba nuklir. Hal itu disampaikan Kepala Sekretaris Kabinet Jepang, Yoshihide Suga. ”Dilihat oleh pengalaman masa lalu, kami sekarang mempertimbangkan ada kemungkinan uji coba nuklir Korut,” kata Suga kepada wartawan.

Menurut layanan cuaca Korsel, gempa di Korut merupakan gempa buatan. Pusat Geologi AS (USGS) mencatat gempa itu berkekuatan 5,1 skala richter (SR) dengan pusat gempa terletak di Pekam county, di provinsi Yangkang.


Sedangkan sumber Korsel melaporkan bahwa gempa terjadi di dekat Kota Kilchu.”Korut sebelumnya tidak memberi tahu Amerika Serikat dan China untuk rencana uji coba nuklir,” tulis Yonhap mengutip intelijen Korsel.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1181 seconds (0.1#10.140)