AS Khawatir Eksekusi Nimr Picu Ketegangan Sektarian

Minggu, 03 Januari 2016 - 12:07 WIB
AS Khawatir Eksekusi Nimr Picu Ketegangan Sektarian
AS Khawatir Eksekusi Nimr Picu Ketegangan Sektarian
A A A
WASHINGTON - Pemerintah Amerika Serikat (AS) menyatakan keprihatinannya atas kebijakan Arab Saudi mengeksekusi seorang ulama Syiah terkemuka. AS khawatir, keputusan itu akan memperburuk ketegangan sektarian.

AS pun mendesak semua pemimpin di Timur Tengah untuk melipatgandakan usaha guna menurunkan tensi ketegangan regional.

"Kami menegaskan kembali seruan kami pada Pemerintah Arab Saudi untuk menghormati dan melindungi hak asasi manusia dan untuk memastikan proses peradilan yang adil dan transparan dalam semua kasus," kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS, John Kirby, seperti dikutip dari laman Reuters, Minggu (3/1/2016).

Kirby mencatat, Washington sebelumnya telah menyatakan keprihatinannya tentang sistem hukum Saudi dan menyuarakan keprihatinan mereka pada tingkat tinggi dengan pemerintah Saudi.

Dia juga mengatakan, AS mendesak Arab Saudi untuk mengizinkan ekspresi damai dari perbedaan pendapat dan bekerja sama dengan semua pemimpin untuk meredakan ketegangan.

"Kami sangat prihatin bahwa pelaksanaan eksekusi terhadap ulama Syiah terkemuka dan aktivis politik Nimr al-Nimr berisiko akan memperburuk ketegangan sektarian pada saat mereka sangat membutuhkan tenaga untuk menguranginya," kata Kirby.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5642 seconds (0.1#10.140)