ISIS Ubah Rute Penyelundupan Minyak ke Turki

Jum'at, 25 Desember 2015 - 22:19 WIB
ISIS Ubah Rute Penyelundupan Minyak ke Turki
ISIS Ubah Rute Penyelundupan Minyak ke Turki
A A A
MOSKOW - Kelompok Negara Islam Irak Suriah atau ISIS telah mengubah rute penyelundupan minyak mentah. Mereka kini menggunakan jalur baru untuk menghindari serangan udara Rusia di Suriah. Kendati begitu, Turki tetap menjadi tujuan akhir mereka.

"Mereka mengubah logistik dan menggunakan rute baru untuk menyelundupkan minyak mentah mereka guna menghindari serangan udara Rusia," kata Staf Umum Kepala Operasional Direktorat Umum Angkatan Bersenjata Rusia, Letjen Sergey Rudskoy, dikutip dari TASS, Jumat (25/12/2015).

Rudskoy mengungkapkan, rute baru ini berada di Provinsi Deir ez-Zor yang merupakan wilayah yang dikuasai kelompok tersebut. Dalam rute terbaru itu, truk-truk tangki milik ISIS akan melewati permukiman di wilayah perbatasan Guna dan Tell-Sfuk di Suriah menuju Mosul dan Zaho di Irak.

"Konvoi truk ini secara otomatis akan mengikuti rute terpendek menuju perbatasan Suriah-Irak, dimana mereka menyeberang lewat Tell-Sfuk," katanya sembari menambahkan bahwa Turki tetap merupakan tujuan akhir dari penyelundupan minyak tersebut.

Rudskoy mengatakan, minyak diselundupkan ke Turki melalui pos pemeriksaan di daerah Zaho. Rute ini sebagian wilayahnya disebut sebagai rute timur.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5243 seconds (0.1#10.140)