Ironi, Pemerkosa Gadis di Zambia Jadi Duta Anti-Kekerasan Seks

Rabu, 23 Desember 2015 - 17:52 WIB
Ironi, Pemerkosa Gadis di Zambia Jadi Duta Anti-Kekerasan Seks
Ironi, Pemerkosa Gadis di Zambia Jadi Duta Anti-Kekerasan Seks
A A A
LUSAKA - Penyanyi Zambia bernama Clifford Dimba yang dihukum 18 tahun penjara karena memperkosa gadis cilik diampuni oleh Presiden Edgar Lungu setelah mendekam di penjara setahun. Parahnya, penyanyi itu justru ditunjuk pemerintah sebagai duta anti-kekerasan seksual.

Keputusan Pemerintah Zambia itu mendapat sorotan tajam dari badan Hak Asasi Manusia PBB. Badan itu mendesak Pemerintah Zambia untuk mencabut penunjukan penyanyi itu sebagai duta negara anti-kekerasan seksual.

Dimba dihukum 18 tahun penjara pada 2014. Namun, atas ampunan Presiden Edgar Lungu, dia dibebaskan setahun kemudian atau pada saat ini.

Sepertinya pembebasan yang keterlaluan dan penunjukannya sebagai duta untuk memerangi kekerasan berbasis gender tidak hanya menimbulkan traumatis korban, tapi korban lain untuk kasus serupa akan enggan melapor,” kata Dubravka Simonovic, pelapor khusus PBB tentang Kekerasan Terhadap Perempuan, seperti dikutip IB Times, Rabu (23/12/2015).

Grasi dan pengangkatan merusak pesan yang kuat terhadap pelecehan seksual terhadap perempuan dan anak perempuan yang dikirim dengan kalimat asli dan meremehkan sifat serius dari pelanggaran ini. Sebaliknya, Clifford Dimba telah ditempatkan di posisi yang mencolok dan bahkan digambarkan sebagai panutan (mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5560 seconds (0.1#10.140)