Insiden Laut Aegea, Turki Sebut Reaksi Rusia Berlebihan

Selasa, 15 Desember 2015 - 16:19 WIB
Insiden Laut Aegea,...
Insiden Laut Aegea, Turki Sebut Reaksi Rusia Berlebihan
A A A
ROMA - Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu menilai Rusia telah bereaksi berlebihan atas insiden di Laut Aegea pada akhir pekan lalu. Ia pun menegaskan jika kesabaran Ankara ada batasnya.

"Perahu kami, yang mendekati kapal mereka, hanyalah kapal nelayan biasa. Bagi saya, reaksi yang ditunjukan oleh kapal perang Rusia terlalu berlebihan," kata Cavusoglu kepada media Italia, Corriere della Sera, seperti disitir dari Al Jazeera, Selasa (15/12/2015).

Insiden di Laut Aegea ini kemungkinan akan meningkatkan ketegangan antara kedua negara, yang sebelumnya memang telah memanas setelah berselisih soal Suriah dan insiden ditembak jatuhnya pesawat tempur Rusia oleh Turki.

"Rusia dan Turki tentu harus membangun kembali hubungan kepercayaan diantara keduanya, namun kesabaran kami ada batasnya," kata Cavusoglu.

Sebelumnya, sebuah kapal perang Rusia melepaskan tembakan peringatan terhadap sebuah kapal perang Turki di Laut Aegea pada hari Minggu lalu untuk menghindari tabrakan. Tidak hanya itu, Rusia juga memanggil atase militer Turki di Moskow atas kejadian tersebut.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2985 seconds (0.1#10.140)