Zumwalt, Kapal Perang Raksasa dan Termahal AS Bersenjata Laser

Rabu, 09 Desember 2015 - 10:01 WIB
Zumwalt, Kapal Perang Raksasa dan Termahal AS Bersenjata Laser
Zumwalt, Kapal Perang Raksasa dan Termahal AS Bersenjata Laser
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) untuk pertama kali memamerkan kapal perang USS Zumwalt di Samudera Atlantik. Zumwalt merupakan kapal perang raksasa futuristik dan termahal yang dilengkapi senjata laser.

Kapal USS Zumwalt mulai menjalani uji coba di Samudera Atlantik hari Senin lalu. Biaya pembuatan kapal perang raksasa itu sekitar USD4,3 miliar. Kapal berangkat dari galangan kapal terbesar AS, Bath Iron Works.

Kapten Angkatan Laut AS, James Kirk, mengatakan pemilihan nama kapal perang futuristik tak lepas dari pesawat ruang angkasa fiksi dalam serial “Star Trek”.

”Kami benar-benar bersemangat untuk melihat Zumwalt mulai (beraksi),” kata Kirk seperti dikutip Tampa Bay Times. ”Untuk kru dan semua yang terlibat dalam merancang, membangun, dan menyiapkan kapal fantastis ini, ini adalah tonggak besar,” lanjut Kirk.

Pihak Komando Angkatan Laut AS juga mengkonfirmasi uji coba kapal USS Zumwalt. ”Zumwalt berlayar untuk pertama kalinya,” tulis pihak komando di Twitter.

Kelley Campana, karyawan Bath Iron Works, mengaku merinding dan meneteskan air mata saat melihat kapal perang raksasa itu mulai berlayar.
”Ini sangat menarik. Ini adalah hari besar untuk menjadi pembuat kapal dan menjadi orang Amerika," katanya. "Ini yang pertama di kelasnya. Tidak pernah ada hal seperti itu. Sepertinya ini masa depan,” lanjut dia.

Kapal ini memiliki panjang 600 kaki dan berat hampir 15 ribu ton. Kapal Zumwalt bertenaga listrik yang terintegrasi dengan sistem inovatif yang mungkin mendukung berbagai senjata, seperti laser dan senjata elektromagnetik.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5604 seconds (0.1#10.140)