Saudi Bangun Gedung Tertinggi Sejagad, 1 Km 'Menantang' Langit

Selasa, 01 Desember 2015 - 17:25 WIB
Saudi Bangun Gedung Tertinggi Sejagad, 1 Km Menantang Langit
Saudi Bangun Gedung Tertinggi Sejagad, 1 Km 'Menantang' Langit
A A A
JEDDAH - Pemerintah Arab Saudi membangun gedung tertinggi di dunia bernama Jeddah Tower. Rencananya, gedung itu tingginya akan mencapai 1 kilometer (km) “menantang” langit.

Jika menara “penantang” langit Saudi itu terealisasi, maka menara Burj Khalifa, Dubai bisa kehilangan gelarnya di Guinnes World Record sebagai gedung tertinggi di dunia pada saat ini.

Saudi dilaporkan sudah memperoleh dana untuk membangun Jeddah Tower yang sebelumnya bernama Kingdom Tower. Gedung pencakar langit itu akan memiliki tinggi 1 km atau 3.280 kaki dan 200 lantai. Proyek itu diperkirakan membutuhkan 5,7 juta kaki persegi beton dan 80.000 ton baja.

Dana untuk proyek Jeddah Tower diperkirakan mencapai USD1,2 miliar. Pemerintah Saudi melalaui siaran pers-nya mengatakan Jeddah Economic Company dan Saudi Arabia's Alinma Investment telah menandatangani kesepakatan pembiayaan 8,4 miliar riyal Saudi atau sekitar USD2,2 miliar untuk membangun Jeddah City, termasuk menara pencakar langit ambisius itu.

Proyek raksasa itu saat ini sudah mulai dibangun hingga lantai 26. Untuk merealisasikan tinggi gedung hingga 1 kilometer butuh waktu hingga tahun 2020. Sebagai perbandingan, Burj Khalifa di Dubai berdiri setinggi 2.716 kaki atau 827 meter.

”Dengan kesepakatan ini, kami akan mencapai yang baru, yang belum pernah terdengar tertinggi dalam pengembangan real estate, dan akan memenuhi tujuan perusahaan untuk menciptakan sebuah pusat perkotaan kelas dunia yang menawarkan gaya hidup yang canggih, sehingga Jeddah mungkin memiliki landmark iconic baru yang menarik orang dari semua lapisan masyarakat dengan layanan yang komprehensif dan banyak kegunaan, "kata Mounib Hammoud, Chief Executive Officer Jeddah Economic Company, seperti dikutip CNN, Selasa (1/12/2015).
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3082 seconds (0.1#10.140)