Rusia Akhirnya Luncurkan Serangan Jet Canggih Su-34 di Suriah

Selasa, 01 Desember 2015 - 11:42 WIB
Rusia Akhirnya Luncurkan Serangan Jet Canggih Su-34 di Suriah
Rusia Akhirnya Luncurkan Serangan Jet Canggih Su-34 di Suriah
A A A
MOSKOW - Rusia akhirnya meluncurkan serangan rudal dari pesawat pembom canggih Su-34 di wilayah Suriah. Hal itu disampaikan juru bicara Angkatan Udara Rusia, Igor Klimov.

Pesawat jet pembom canggih Su-34 Rusia dilengkapi dengan sistem rudal udara-ke-udara. ”Hari ini (kemarin), pesawat pembom Su-34 Rusia telah membuat serangan pertama yang tidak hanya dilengkapi dengan bom berdaya ledak tinggi dan bom berongga, tetapi juga dengan rudal jarak pendek dan jarak menengah yang menembakkan rudal udara-ke-udara,” kata Klimov.

”Pesawat-pesawat dilengkapi dengan rudal untuk tujuan defensif,” lanjut Klimov, seperti dikutip Russia Today, semalam. “Rudal memiliki perangkat yang mampu mencari target dan mampu menghantam target udara dalam radius 60km,” ujarnya.

Operasi tempur pesawat jet pembom canggih Su-34 diluncurkan Rusia setelah pesawat F-16 Turki menembak jatuh pesawat jet pembom Su-24 Rusia pada 24 November 2015 lalu.

Ankara mengklaim bahwa pesawat tempur Kremlin itu melanggar wilayah udara Turki. Tapi, Moskow menyangkalnya dengan menegaskan bahwa pesawat Su-24 tidak pernah meninggalkan wilayah udara Suriah.

Pada hari Senin kemarin, Perdana Menteri Turki, Ahmet Davutoglu mengatakan bahwa, Ankara tidak akan meminta maaf atas insiden tersebut. ”Tidak ada perdana menteri Turki atau presiden yang akan meminta maaf untuk melakukan tugas kami," kata Davutoglu kepada wartawan setelah bertemu Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg, di Brussels.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3659 seconds (0.1#10.140)