KBRI Siap Dampingi 2 WNI yang Ditangkap di Jepang

Senin, 30 November 2015 - 16:43 WIB
KBRI Siap Dampingi 2 WNI yang Ditangkap di Jepang
KBRI Siap Dampingi 2 WNI yang Ditangkap di Jepang
A A A
JAKARTA - Kementerian Luar Negeri Indonesia menuturkan, pihak Kedutaan Besar Indonesia (KBRI) di Tokyo, Jepang sudah berhasil menemui salah satu dari dua Warga Negara Indonesia (WNI) yang ditangkap otoritas Jepang pekan lalu. Kedua WNI itu ditangkap karena kedapatan membeli perlengkapan senjata di Negeri Sakura.

"Soal kasus WNI di Jepang masih dalam tahap investigasi. Salah satu WNI sudah berhasil ditemui, dan sudah menjelaskan kejadian sebenarnya," ucap juru bicara Kemlu Arrmanantha Nassir.

"Kita pastikan hak-hak hukum diberikan kepada kedua WNI tersebut. Kalau perlu, pendampingan akan kita siapkan. Mereka sampai sekarang sudah diberikan penanganan yang baik, seperti diberikan waktu untuk sholat, untuk makan, dan diberikan penerjemah," sambungnya pada Senin (30/11).

Diplomat yang kerap disapa Tata itu menturkan, berdasarkan pertemuan dengan salah satu WNI diketahui mereka ditangkap karena membeli perlengkapan senjata yang masuk ke dalam kategori perlengkapan militer. Dalam pertemuan itu juga diketahui bahwa kedua WNI itu bukan pertama kali membeli perlengkapan semacam ini.

"Alasan penahanan karena kedua WNI itu membeli teropong yang di Jepang masuk ke dalam perlengkapan militer. Benda itu menurut salah satu WNi dijual sebagai aksesoris untuk air soft guns. Dia juga menuturkan suka membeli mainan-mainan Jepang, seperi action figure untuk dijual kembali di Indonesia," pungkasnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6883 seconds (0.1#10.140)