Senjata Teroris Paris Buatan Serbia

Minggu, 29 November 2015 - 18:15 WIB
Senjata Teroris Paris Buatan Serbia
Senjata Teroris Paris Buatan Serbia
A A A
LONDON - Direktur perusahaan senjata Zastava, Milojko Brzakovic, mengatakan, beberapa senjata yang digunakan oleh teroris Paris dibuat di Serbia pada akhir 1980-an. Pihaknya telah memeriksa sekitar delapan nomor seri senapan yang dikirimkan pihak kepolisian.

Menurut Brzakovic, senapan serbu M70 yang digunakan para teroris adalah bagian dari paket senjata yang dikirim ke depot militer di Slovenia, Bosnia, dan Macedonia.

"Tidak ada keraguan senjata itu diproduksi oleh kami. Kami adalah satu-satunya produsen dan kami memiliki nomor seri dari segala sesuatu yang pernah kami produksi. Tetapi pada 1990-an orang bisa mendapatkan senjata-senjata itu dari depot militer," kata Brzakovic seperti dikutip dari laman BBC, Minggu (29/11/2015

Untuk diketahui, senjata M70 adalah senjata modifikasi AK-47 milik Rusia yang diproduksi oleh Yugoslavia. Pabrik senjata Zastava Arms yang berbasis di kota Kragujevac menjadi satu-satunya produsen senjata negara untuk polisi dan militer Yugoslavia pada kala itu.

Pasca perang Balkan pada 1990-an, banyak senjata militer yang jatuh ke tangan warga. Banyak pula senjata-senjata ini diselundupkan dalam jumlah kecil ke Eropa barat. Bahkan, ada juga laporan yang menyatakan bahwa senjata bekas Yugoslavia digunakan oleh pemberontak Suriah dalam perang sipil Suriah.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4913 seconds (0.1#10.140)