Kontrak Diteken, Rusia Siap Kirim S-300 ke Iran

Senin, 09 November 2015 - 16:34 WIB
Kontrak Diteken, Rusia Siap Kirim S-300 ke Iran
Kontrak Diteken, Rusia Siap Kirim S-300 ke Iran
A A A
DUBAI - Pemerintah Iran dan Rusia telah sepakat mengenai pembelian sistem pertahanan udara S-300. Hal itu diutarakan langsung oleh perusahaan pembuat senjata Rusia Rostec, Sergei Chemezov.

"Kontrak pembelian sistem pertahanan udara (antara Rusia dan Iran) sudah ditandatangani," kata Chemezov dalam sebuah pernyataan kala menghadiri Dubai Air Show, seperti dilansir Reuters pada Senin (9/11).

Dengan ditekennya kontrak pembelian sistem pertahanan udara tersebut, Rusia dikabarkan dalam waktu dekat akan segera mengirimkan salah satu sistem pertahanan udara tercanggih yang ada saat ini ke Teheran.

Sistem pertahan udara S-300 yang dikirimkan Rusia ke Iran sendiri bukanlah S-300 biasa. Rusia dilaporkan telah membuat sejumlah modifikasi khusus pada sistem udara tersebut, khusus untuk Iran.

Pembicaraan soal pembelian S-300 oleh Iran sendiri sejatinya sudah berlangsung sejak tahun 2014 lalu. Namun, karena sanksi yang dijatuhkan PBB dan Uni Eropa akibat pengembangan nuklir, membuat pembicaraan pembelian rudal tersebut sempat terhenti.

Tapi, setelah kesepakatan nuklir Iran rampung, dan sanksi untuk Iran perlahan-lahan mulai dicabut, kedua negara akhirnya kembali melanjutkan pembicaraan, yang berujung pada ditekennya kontrak pembelian tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6542 seconds (0.1#10.140)