Jika Diminta, RI Siap Mediasi Pertemuan China-Taiwan

Senin, 09 November 2015 - 16:21 WIB
Jika Diminta, RI Siap Mediasi Pertemuan China-Taiwan
Jika Diminta, RI Siap Mediasi Pertemuan China-Taiwan
A A A
JAKARTA - Pemerintah Indonesia siap untuk menjadi tuan rumah atau mediator pertemuan pemimpin Taiwan dan China, jika memang diminta. Hal itu disampaikan juru bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia Arrmanantha Nassir.

Seperti diketahui, akhir pekan lalu Presiden China Xi Jinping dan Presiden Taiwan Taiwan Ma Yingjeou melakukan pertemuan di salah satu hotel mewah di Singapura. Pertemuan ini adalah pertemuan pertama pemimpin kedua negara dalam kurun waktu 60 tahun terakhir.

"Hal ini yang perlu kita lihat, bahwa ini adalah inisiatif dari China sendiri dan Taiwan, sehingga mereka sudah maju dari situ. Dipilihya Singapura oleh China, karena kebetulan ada kunjungan Presiden China ke sana, dan itu merupakan keputusan mereka. Tapi, apabila kita diminta, tentunya kita siap, namun kembali lagi itu adalah keputusan dari kedua belah pihak," ucap Arrmanantha pada Senin (9/11).

Sementara itu, ketika minta komentar mengenai pertemuan tersebut. Diplomat berkacamata yang kerap disapa Tata itu mengatakan Indonesia menyambut baik pertemuan itu, dan melihatnya sebagai sebuah langkah maju.

"Intinya bahwa semua komunikasi yang dilakukan oleh kedua Kepala Negara, yang bertujuan untuk memperkuat hubungan kita sambut dengan baik, kita juga tidak tahu seberapa jauh hasilnya. Namun, tentunya komunikasi yang terbuka itu merupakan satu langkah yang baik," imbuhnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5113 seconds (0.1#10.140)