Dubes AS: Tidak Ada Pelobi Dalam Pertemuan Obama-Jokowi

Minggu, 08 November 2015 - 14:51 WIB
Dubes AS: Tidak Ada Pelobi Dalam Pertemuan Obama-Jokowi
Dubes AS: Tidak Ada Pelobi Dalam Pertemuan Obama-Jokowi
A A A
JAKARTA - Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia, Robert O Blake Jr turut melemparkan bantahan mengenai laporan yang menyebut pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Presiden Barack Obama menggunakan jasa pelobi atau broker.

"Ada laporan tentang perusahaan melobi yang mengatur perjalanan Presiden Joko Widodo ke AS. Laporan itu tidak benar," cuit Blake dalam akun Twitter Kedubes AS seperti dikutip Sindonews pada Minggu (8/11).

Sama halnya dengan yang diutarakan Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi kemarin, Blake juga mengatakan bahwa ada serangkaian pertemuan antara pemerintah kedua negara untuk mempersiapkan pertemuan ini. Menurut Blake pertemuan itu dipimpin Retno dan Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan.

"Menko Pandjaitan dan Menlu Retno yang memimpin Indonesia bekerja sama dengan Kedubes AS di Jakarta, Departemen Luar Negeri AS dan Gedung Putih," sambung diplomat senior AS tersebut.

Laporan adanya penggunaan broker itu pertama kali muncul ketika sebuah artikel yang ditulis oleh dosen Ilmu Politik Asia Tenggara di School of Oriental and African Studies, Michael Buehler muncul di situs New Mandala beberapa waktu lalu.

Dalam artikel itu, Buehler menyebut pemerintah Indonesia menggunakan broker asal Singapura yang bekerjasama dengan broker di Las Vegas, AS untuk mempersiapkan pertemuan Obama-Jokowi.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5875 seconds (0.1#10.140)