Rumania Tunjuk PM Interim Baru

Jum'at, 06 November 2015 - 16:42 WIB
Rumania Tunjuk PM Interim Baru
Rumania Tunjuk PM Interim Baru
A A A
BUCHAREST - Presiden Rumania, Klaus Iohannis, menunjuk Menteri Pendidikan, Sorin Campeanu, sebagai Perdana Menteri interim pasca mundurnya Victor Ponta. Ponta meletakkan jabatannya setelah msayarakat Rumania melakukan aksi protes anti pemerintah yang dipicu tragedi kebakaran sebuah klub malam yang mematikan.

Iohanis menunjukan Campeanu untuk memimpin pemerintahan sementara jelang dilakukannya pembicaraan dengan partai-partai politik untuk membentuk pemerintahan baru pada Kamis mendatang seperti dikutip dari laman AFP, Jumat (6/11/2015).

Ponta mengundurkan diri sebagai Perdana Menteri pada hari Rabu lalu setelah kebakaran mengerikan di sebuah klub malam yang menewaskan 32 orang. Tragedi ini mendorong puluhan ribu orang untuk turun ke jalan menuntut perubahan yang siginifikan dalam pemerintahan.

Ponta sendiri telah berada di bawah tekanan selama berminggu-minggu atas tuduhan penipuan, penggelapan pajak, dan pencucian uang yang membuatnya menjadi Kepala Pemerintahan Rumania pertama yang diadili.

Meski begitu, pengunduran diri Ponta ini tidak menghentikan protes anti pemerintah. Sekitar 10.000 demonstran, sebagian besar anak muda, turun ke jalan pada Kamis, atau malam ketiga aksi protes anti pemerintah. Mereka memprotes aksi korupsi di kalangan politisi yang dianggap turut bertanggung jawab atas kebakaran tersebut.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7142 seconds (0.1#10.140)