Serbuan Barang Impor AS ke Iran Bikin Khamenei Khawatir

Minggu, 01 November 2015 - 21:45 WIB
Serbuan Barang Impor...
Serbuan Barang Impor AS ke Iran Bikin Khamenei Khawatir
A A A
TEHERAN - Pemimpin spiritual Iran, Ayatollah Ali Khamenei memperingatkan, barang impor asal Amerika Serikat (AS) akan membanjiri Iran pasca pencabutan sanksi berdasarkan perjanjian nuklir internasional. Untuk diketahui, impor barang AS ke Iran dikabarkan mencapai USD140 juta pada semester pertama tahun 2015.

Jumlah ini meningkat 60 persen lebih tinggi dari periode yang sama di tahun 2014. Barang-barang impor yang masuk ke Iran kebanyakan adalah peralatan medis, makanan dan benih tanaman.

"Waspadalah terhadap serbuan barang impor setelah pencabutan sanksi ekonomi dan sudah seharusnya pemerintah bersikap serius untuk menghindari barang-barang impor dari AS," begitu peringatan Khamenei yang ditulis di situs pribadinya seperti dikutip dari laman ABC News, Minggu (1/11/2015).

Khamenei, dan kelompok garis keras di pemerintahan Iran, selama ini memang kerap berseberangan dengan AS, meski keduanya telah mencapai kata sepakat dalam perjanjian nuklir. Khamenei menilai, impor budaya Barat sebagai ancaman moralitas publik Negeri Mullah tersebut.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1290 seconds (0.1#10.140)