Insiden Laut China Selatan, Eropa Dukung AS

Sabtu, 31 Oktober 2015 - 18:05 WIB
Insiden Laut China Selatan, Eropa Dukung AS
Insiden Laut China Selatan, Eropa Dukung AS
A A A
BRUSSELS - Uni Eropa (UE) mendukung Washington atas insiden di Laut China Selatan yang melibatkan kapal perang Amerika Serikat (AS) dengan kapal perang China.

"Yang dilakukan oleh Amerika Serikat (AS) adalah melaksanakan ketentuan kebebasan bernavigasi," ujar seorang pejabat senior UE seperti dilansir dari Reuters, Sabtu (31/10/2015).

UE sendiri merasa prihatin dengan rencana Beijing untuk membangun pulau-pulau baru di perairan tersebut. Pernyataan ini adalah bentuk dukungan UE terhadap negara-negara Asia yang menentang klaim China atas Laut China Selatan.

"UE berkomitmen untuk melaksanakan kegiatan maritim berdasarkan pada prinsip-prinsip hukum internasional, khususnya sebagaimana tercermin dalam Konvensi PBB tentang Hukum Laut (UNCLOS)," kata seorang juru bicara urusan luar negeri UE dalam sebuah pernyataan.

Sebelumnya, pada hari Rabu lalu, sebuah kapal perang AS berlayar dalam radius 12 mil laut di gugus kepulauan Spratly yang ada di Laut China Selatan. Hal ini pun membuat China berang dan memaksa mereka menerjukan kapal perang untuk membayangi kapal perang AS.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6818 seconds (0.1#10.140)