Wapres Maladewa Ditangkap Polisi

Sabtu, 24 Oktober 2015 - 17:28 WIB
Wapres Maladewa Ditangkap Polisi
Wapres Maladewa Ditangkap Polisi
A A A
MALE - Wakil Presiden Maladewa, Ahmed Adheeb ditangkap oleh pihak kepolisian negara itu. Wapres Maladewa ditangkap setelah pihak kepolisian melakukan penyelidikan terhadap kasus ledakan speedboat yang menargetkan Presiden Maladewa, Abdulla Yameen.

"Kami telah menangkap Wakil Presiden dalam kaitannya dengan insiden Finifenmaa," ujar seorang pejabat kepolisian setempat seperti disitir dari laman Reuters, Sabtu (24/10/2015). "Dia sekarang berada dalam tahanan polisi di pusat penahanan Dhoonidhoo," tambahnya.

Menteri Dalam Negeri Maladewa Umar Naseer mengatakan, penangkapan terhadap Wakil Presiden adalah sebuah pengkhianatan tingkat tinggi. Pernyataan itu dikeluarkannya dalam akun twitternya.

Sebelumnya, Presiden Abdulla Yameen hampir menjadi korban setelah speed boat Finifenmaa yang hendak ditumpanginya meledak pada 28 September lalu. Kejadian itu melukai istri dan dua pembantunya. (Baca juga: Speedboat yang Dinaiki Meledak, Presiden Maladewa Lolos dari Maut)

Abdulla Yameen (59) adalah sosok kontroversial baik di dalam maupun luar negeri. Dia naik ke tampuk kekuasaan dalam pemilihan presiden yang berlangsung sengit pada tahun 2013. Dia mengalahkan rivalnya, Mohamed Nasheed, yang dipenjara tahun ini atas tuduhan terorisme.

Namun, langkah Yameen memenjarakan rivalnya memicu kecaman internasional. Pengacara hak asasi manusia, Amal Clooney, menyerukan sanksi internasional terhadap Presiden Maladewa itu.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3714 seconds (0.1#10.140)