Peringatan Asyura Kaum Syiah di Iran Ditembaki, 2 Tewas

Sabtu, 17 Oktober 2015 - 17:15 WIB
Peringatan Asyura Kaum Syiah di Iran Ditembaki, 2 Tewas
Peringatan Asyura Kaum Syiah di Iran Ditembaki, 2 Tewas
A A A
DEZFUL - Rangkaian peringatan Asyura yang digelar kaum Syiah di Iran ditembaki orang-orang bersenjata dari dalam mobil. Dua orang tewas dalam serangan di Kota Dezful, Provinsi Khuzestan tersebut.

Serangan yang terjadi pada Jumat malam itu juga menyebabkan dua orang terluka. Menurut laporan kantor IRNA, Sabtu (17/10/2015), peringatan Asyura merupakan salah satu peringatan suci untuk memperingati kematian Imam Hussein.

Mobil yang digunakan para penyerang tidak berpelat nomor. ”Ini masih belum jelas apakah serangan itu dilakukan satu teroris,” kata pejabat polisi di provinsi setempat, Kolonel Rahman Mousavi. ”Penyidik sedang mengkaji masalah ini dan akan mengumumkan hasil sesegera mungkin.”

Puncak peringatan Asyura jatuh pada 24 Oktober. Peringatan Asyura khusus untuk mengenang Imam Hussein, tokoh terpenting bagi kaum Syiah di Iran yang merupakan cucu Nabi Muhammad. Dia dibunuh kelompok saingannya pada tahun 680 Masehi atau abad ke-7 setelah terjadi perpecahan dalam perpolitikan Islam.

Saksi mata di lokasi penembakan semalam melaporkan, serangan terjadi sekitar pukul 22.30 waktu setempat. Serangan serupa terlebih dahulu terjadi di Arab Saudi pada hari Jumat, di mana seorang pria bersenjata menembak mati lima orang di Syiah Centre, di wilayah Saudi timur. Kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) mengklaim pelaku penembakan yang telah ditembak mati polisi Saudi itu merupakan anggotanya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7150 seconds (0.1#10.140)