Krisis Politik dan Sektarian Sebabkan Migrasi Besar-besaran

Senin, 12 Oktober 2015 - 12:41 WIB
Krisis Politik dan Sektarian Sebabkan Migrasi Besar-besaran
Krisis Politik dan Sektarian Sebabkan Migrasi Besar-besaran
A A A
JAKARTA - Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi menilai, krisis politik dan konflik sektarian yang terjadi di kawasan Timur Tengah, khususnya negara-negara anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI), menjadi penyebab migrasi besar-besaran di wilayah tersebut.

"Peningkatkan migran disebabkan oleh krisis politik, konflik sektarian atau masalah kemanusiaan lainnya, sesuatu yang turut menjadi perhatian dunia," kata Retno dalam pidatonya saat membuka Internasional Seminar On Human Right Education di Jakarta pada Senin (12/11).

Retno menyebut, transformasi politik masih menjadi salah satu tantangan dan masalah utama beberapa negara anggota OKI. Transformasi yang tidak berjalan lancar membuat beberapa anggota OKI terjebak dalam krisis politik, yang beberapa diantaranya merambah menjadi konflik sektarian,

Selain itu, konflik sektarian di beberapa negara anggota OKI juga memang menjadi salah satu masalah yang belum terselesaikan sampai saat ini. Contohnya seperti konflik di Suriah dan Yaman, yang menurut Retno keduanya saling berkaitan, dimana melibatkan dua kelompok ajaran Islam, yakni Sunni dan Syiah.

Lalu ada pula ekstrimisme yang dipandang turut menjadi salah satu penyebab terjadinya migrasi besar-besaran. "Ekstremis, teorisme, dan lain sebagainya adalah masalah kita semua. Kita harus hentikan itu semua," imbuh Retno.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5432 seconds (0.1#10.140)