Dibantu Rusia, Suriah Lancarkan Serangan Darat

Rabu, 07 Oktober 2015 - 17:14 WIB
Dibantu Rusia, Suriah Lancarkan Serangan Darat
Dibantu Rusia, Suriah Lancarkan Serangan Darat
A A A
DAMASKUS - Pasukan pemerintah Suriah untuk pertama kalinya meluncurkan serangan darat di bawah gelombang serangan udara yang dilakukan oleh Rusia. Menurut kelompok monitoring perang, pasukan pemerintah Suriah melancarkan serangan ke empat posisi pasukan pemberontak.

"Untuk pertama kalinya, pasukan rezim Presiden Bashar al-Assad melakukan serangan darat terhadap kelompok pemberontak," ujar Direktur Obsevartorium HAM untuk Suriah, Rami Abdel Rahman seperti dikutip dari laman Guardian, Rabu (7/10/2015).

Menurut Rahman, Rusia secara intens melancarkan serangan udara ke provinsi Hama dan sekitar provinsi Idlib. Bentrokan antara pasukan pemerintah Suriah dengan pasukan pemberontak pun pecah di Hama, bersamaan dengan serangan udara yang dilancarkan oleh Rusia. "Mereka menggunakan sejumlah peralatan perang berat," ungkap Rahman.

Seperti diketahui, sudah hampir sepekan terakhir Rusia melancarkan serangan udara di Suriah dengan target ISIS. Namun, sejumlah negara Barat menilai serangan yang dilakukan oleh Rusia lebih banyak ditujukan kepada pasukan pemberontak yang didukung oleh Amerika Serikat.

Terakhir, serangan udara yang dilakukan Rusia dilancarkan di kota-kota wilayah Provinsi Hama dan Provinsi Idlib. Provinsi Idlib sendiri sebagian besar dikuasai oleh kelompok pemberontak, salah satunya adalah sayap kelompok afiliasi Al-Qaeda, Front Nusra. Selain itu, sejumlah milisi pemberontak juga berdiam di daerah itu.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5323 seconds (0.1#10.140)