Iklan Perusahaan Rusia Olok-olok Presiden Obama

Selasa, 29 September 2015 - 16:48 WIB
Iklan Perusahaan Rusia Olok-olok Presiden Obama
Iklan Perusahaan Rusia Olok-olok Presiden Obama
A A A
MOSKOW - Sebuah perusahaan produk pemanas air di Rusia mengolok-olok Presiden Amerika Serikat (AS) dalam iklan banner yang dipajang di jalan. Di iklan itu, Obama digambarkan seolah-olah seperti cerobong asap yang kotor.

Layanan Anti-Monopoli Federal (FAS) melalui cabang regionalnya menjatuhkan denda pada perusahaan pemasang iklan tersebut. Alasannya iklan yang dipajang di kawasan Kota Samara selatan itu dianggap rasis. Iklan bergambar Obama dengan kemeja kotak-kotak itu berbunyi; ”Malu pada cerobong asap kotor, sapulah!”

Dalam sebuah pernyataan online, FAS memberikan kriteria konten iklan yang tak boleh dilanggar. ”Iklan tidak boleh mengandung kata-kata umpatan atau tidak senonoh atau gambar ofensif, perbandingan atau frase, termasuk yang mengacu pada jenis kelamin, ras, kebangsaan, profesi, kategori sosial, usia atau bahasa,” bunyi pernyataan FAS.

Perusahaan itu, seperti dikutip Mosow Times, semalam (28/9/2015), dijatuhi denda hingga 10 ribu rubel. Pendiri perusahaan, Konstantin Fedotov, mengatakan keputusan yang dibuat oleh FAS bermotif politik dan menuding FAS bersimpati pada Obama.

Perusahaan itu memberikan alasan mengapa memajang iklan yang mengolok-olok Obama. “(Berkat) upaya negara kita yang telah dikenakan sanksi internasional dan telah didorong dengan krisis ekonomi,” kata pihak perusahaan itu.

Fedotov berjanji akan mengajukan banding atas keputusan FAS. Iklan ofensif di Rusia dengan Obama sebagai objeknya bukan sekali ini terjadi. Pada musim panas 2014, beberapa spanduk ofensif muncul di sebuah kota di wilayah Perm.

Salah satunya, iklan bergambar domba sedang mengenakan T-shirt dengan bendera AS di atasnya. Iklan itu berbunyi; ”Baran Abama (dalam bahasa Rusia 'baran' berarti 'domba'), menjaga kuku Anda dari Ukraina."
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5422 seconds (0.1#10.140)