NASA Klaim Temukan Laut di Mars

Selasa, 29 September 2015 - 15:15 WIB
NASA Klaim Temukan Laut di Mars
NASA Klaim Temukan Laut di Mars
A A A
NEW YORK - Badan Antariksa Amerika Serikat (AS), NASA mengkalim telah membuat sebuah penemuan yang luar biasa di Mars. Mereka mengklaim berhasil menemukan laut di planet yang dijuluki planet merah tersebut.

Penemuan ini merupakan hasil kerjas keras NASA dan beberapa Univesitas di AS. Menurut NASA, temuan ini didapatkan setelah mereka melakukan penelitian terhadap beberapa garis gelap dan memanjang yang muncul di permukaan Mars.

"Penelitian menunjukan, bahwa garis-garis muncul dan tumbuh secara bertahap ke arah lereng bawah selama musim hangat," kata NASA dalam sebuah pernyataan, seperti dirilis Al Jazeera pada Selasa (29/9/2015).

Ilmuwan NASA menyebut garis-garis yang terbentuk sebagai hasil dari arus atau rembesan air asin, atau dalam kata lain laut. Sebab, garis-garis itu memiliki kemiripan yang mencolok dengan bentuk dan kurva air yang mengalir di permukaan bumi.

Teori mengenai adanya air, atau bahkan laut di Mars sendiri pertama kali diutarakan oleh Lujendra Ojha pada tahun 2011 lalu. Saat itu, dirinya mempelajari garis-garis gelap dan memanjang di Mars dan menemui fakta bahwa mungkin saja garis itu dibentuk oleh aliran air.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5059 seconds (0.1#10.140)