Pesawat Jerman Beramunisi Lengkap Patroli Dekat Perbatasan Rusia

Minggu, 20 September 2015 - 20:07 WIB
Pesawat Jerman Beramunisi Lengkap Patroli Dekat Perbatasan Rusia
Pesawat Jerman Beramunisi Lengkap Patroli Dekat Perbatasan Rusia
A A A
BERLIN - Pesawat Jerman dengan amunisi lengkap dilaporkan melakukan patroli di atas Baltik, yang dekat dengan perbatasan Rusia. Pesawat Jerman bertipe Eurofighters adalah salah satu pesawat yang terlibat dalam latihan gabungan NATO di wilayah tersebut.

Manuver pesawat tersebut dinilai oleh beberapa pihak dapat memancing eskalasi lanjutan antara Rusia dan juga NATO. Namun, pihak militer Jerman membantah pengoperasian pesawat bersenjata lengkap itu untuk memancing eskalasi dengan Rusia.

"Ini bukanlah alat untuk memancing eskalasi. Ini hanyalah alat untuk membuat kami setara dengan musuh-musuh kami dan ini adalah alat untuk memotivasi para prajurit yang terlibat dalam patroli udara," ujar Inspektur Angkatan Udara Jerman, Karl Müllner seperti dilansir Sputnik pada Minggu (20/9/2015).

Patroli pesawat NATO di atas Baltik, yang dekat dengan perbatasan Rusia sejatinya bukanlah hal baru. Namun, melakukan patroli dengan membawa amunsi lengkap bisa dikatakan menjadi hal yang baru, dan sangat jarang dilakukan.

Pemerintah Rusia sendiri belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait patroli pesawat Jerman dengan kekuatan penuh tersebut. Biasanya, Rusia akan segera melemparkan pertanyaan atau kecaman mengenai manuver yang dilakukan oleh pesawat asing di dekat perbatasan mereka.

Hubungan Rusia dan negara-negara anggota NATO sendiri memang bisa dikatakan tidak terlalu harmonis, khususnya paska konflik Ukraina berkobar tahun lalu. Semenjak itu, NATO terus menumpuk pasukan, senjata dan kerap menggelar latihan perang di beberapa negara yang berbatasan langsung dengan Rusia, yang mendapat protes dari Negeri Beruang Merah itu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7144 seconds (0.1#10.140)