Iran Didesak Ratifikasi Perjanjian Larangan Uji Coba Nuklir

Sabtu, 12 September 2015 - 15:58 WIB
Iran Didesak Ratifikasi Perjanjian Larangan Uji Coba Nuklir
Iran Didesak Ratifikasi Perjanjian Larangan Uji Coba Nuklir
A A A
NEW YORK - Kepala Organisasi PBB yang melarang uji coba nuklir, Lassina Zerbo, mendesak Iran untuk menindaklanjuti perjanjian nuklir internasional dengan ikut menandatangani perjanjian larangan uji coba nuklir. Hal ini sekaligus dipandang untuk meyakinkan dunia jika Iran tidak akan pernah melakukan uji coba nuklir.

"Jika Iran tidak meratifikasi perjanjian, hal itu justru meninggalkan sebuah ruang keraguan terhadap perjanjian nuklir internasional dan niat baik dari Iran," ujar Zerbo seperti disita dari Al Arabiya, Sabtu (12/9/2015).

Menurut Zerbo, Iran seharusnya menandatangani Perjanjian Larangan Uji Coba Nuklir atau CTBT sebelum memulai negosiasi perjanjian nuklir internasional. Langkah itu dilakukan untuk memberikan jaminan dan menjawab kritik bahwasanya Iran memang tidak memiliki niat untuk mengembangkan senjata nuklir.

Jika meratifikasi perjanjian sekarang, kata Zerbo, hal itu akan menghilangkan keraguan AS dan sejumlah negara lain baik sebelum atau sesudah perjanjian itu berakhir pada 15 tahun mendatang. Selain itu, hal ini juga akan memberikan Iran posisi yang lebih kuat untuk mengatakan mereka telah memenuhi semua perjanjian pengawasan senjata dan menjadi bagian dari Perjanjian Nonproliferasi Nuklir.

"(Dengan begitu Iran bisa berkata) Apa lagi yang Anda butuhkan dari kami untuk menunjukkan itikad baik kami terkait penggunaan energi nuklir umtuk tujuan damai?" tukas Zerbo.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6726 seconds (0.1#10.140)