Korsel Hentikan Propaganda Anti-Korut

Selasa, 25 Agustus 2015 - 15:16 WIB
Korsel Hentikan Propaganda Anti-Korut
Korsel Hentikan Propaganda Anti-Korut
A A A
SEOUL - Pemerintah Korea Selatan (Korsel) memenuhi janjinya untuk menghentikan propaganda anti-Korea Utara (Korut) di perbatasan. Penghentian propaganda anti-Korut ini merupakan bagian dari kesepakatan damai yang dicapai kedua negara beberapa jam lalu.

"Korsel telah mematikan pengeras suara yang menyiarkan propaganda anti-Pyongyang di zona demiliterisasi (DMZ)," bunyi laporan kantor berita Korsel, Yonhap yang mengutip sumber militer setempat pada Selasa (25/8/2015).

Seperti diberitakan Sindonews sebelumnya, kedua negara memutuskan untuk berdamai setelah Korut menerima syarat yang diajukan oleh Korsel. Korut bersedia untuk meminta maaf karena telah melakukan provokasi di wilayah DMZ.

Salah satu alasan Korsel menyiarkan proganda anti-Korut di wilayah DMZ adalah karena provokasi Korut, dimana negara komunis itu secara sengaja memasang ranjau darat yang melukai dua tentara Korsel yang bertugas di perbatasan kedua itu.

“Dalam pertemuan tersebut, aspek permintaan maaf Korut itu sangat berarti atas insiden ranjau darat dan bahwa mereka setuju untuk membuat upaya itu untuk mencegah insiden dan meredakan ketegangan,” kata Kepala Keamanan Nasional Korsel, Kim Kwan-jin.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5730 seconds (0.1#10.140)